You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Kenapa Keringat Rasanya Asin?

Administrator 10 September 2019 Dibaca 466 Kali

 

Keringat bisa saja membanjiri seluruh wajah Anda. Apalagi seusai berolahraga atau cuaca yang amat panas. Bila tidak diseka, keringat mungkin mengalir dan tidak sengaja masuk ke mulut. Sebagian orang yang pernah mengalaminya mengaku bahwa keringat terasa asin. Namun, tahukah Anda kenapa keringat rasanya asin? Simak ulasannya berikut. 

Kenapa keringat rasanya asin?

 

Berkeringat adalah cara tubuh untuk menormalkan suhu inti. Ketika Anda aktif bergerak, seperti berolahraga, suhu tubuh akan naik.

Untuk menstabilkan suhu tubuh yang naik agar kembali normal, kelenjar keringat akan melepaskan keringat sehingga panas menguap melalui kulit. Proses ini disebut dengan regulasi temperatur (thermoregulation). 

Keringat ini sebagian besar diproduksi oleh kelenjar ekrin. Sisanya, yaitu di sekitar ketiak dan sekitar alat kelamin diproduksi oleh kelenjar apokrin. Keringat dari kelenjar ekrin mengandung garam. Inilah sebabnya kenapa keringat akan terasa asin.

Untuk lebih jelas, mari bahas satu per satu kandungan keringat yang dihasilkan oleh kelenjar ekrin berikut ini.

  • Protein. Protein yang dikeluarkan bersama keringat ini membantu meningkatkan pertahanan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat kulit.
  • Urea (CH4N2O). Zat limbah ini diproduksi oleh hati ketika memproses protein tertentu. Urea dikeluarkan melalui keringat untuk mencegah terjadinya penumpukan. 
  • Amonia (NH3). Zat buangan yang diproduksi ginjal ketika menyaring nitrogen dalam urea dari hati. 
  • Natrium (Na+). Zat ini dikeluarkan bersama keringat agar kadar natrium dalam tubuh tetap seimbang. Natrium inilah yang disebut sebagai garam. Kandungannya cukup banyak dalam keringat, itulah kenapa keringat rasanya asin. 

 

Sementara itu, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin cenderung mengandung lemak. Ketika lemak dipecah oleh bakteri, akan ada zat buangan yang berbau. Keringat inilah menyebabkan bau badan pada seseorang.

gejala penyakit hiv

Faktor lain yang menyebabkan keringat terasa asin

 

Ternyata tingkat keasinan keringat itu berbeda-beda pada setiap orang. Ya, ini bergantung dengan seberapa banyak kadar garam yang perlu dibuang oleh tubuh. Nah, banyaknya kadar garam itu dipengaruhi oleh pilihan makanan. 

Semakin asin makanan yang dikonsumsi, kadar garam akan semakin tinggi. Tubuh pun akan mengeluarkan garam yang berlebihan tersebut bersama keringat agar kadarnya dalam tubuh tetap stabil.

Jadi, konsumsi makanan tinggi garam juga jadi penyebab kenapa keringat terasa asin.

Menurut Harvard School of Public Health, hampir semua makanan yang tidak diolah seperti buah, sayur, kacang-kacangan, daging mengandung rendah garam.

Sebagian besar, makanan yang tinggi garam ada pada makanan olahan atau kemasan. Contohnya, pizza, camilan gurih, daging asap, atau masakan rumah yang banyak ditambahkan garam. 

Meski normal, keringat juga bisa memicu masalah kulit

 

Kandungan keringat ternyata bisa jadi masalah pada orang dengan gangguan kulit. Salah satunya eksim, yaitu peradangan kulit yang menyebabkan kulit kemerahan, gatal, dan kering.

Bagi penderita eksim, membiarkan tubuh berkeringat adalah sebuah pantangan. Pasalnya, keringat bisa memicu gejala eksim kembali muncul.

Bahkan, kandungan garam dan komponen lain yang ada keringat bisa membuat kulit terasa perih ketika mengenai bagian yang terluka.

Untuk mencegahnya, keringat harus dibersihkan segera. Anda bisa mengelapnya dengan handuk atau kain lembut. Bisa juga dengan mandi untuk membersihkan sisa-sisa keringat yang menempel.

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/kenapa-keringat-asin/

-vq

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image