You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Nglarak Blarak: Budaya dan Olahraga dalam Satu Permainan

Administrator 01 September 2019 Dibaca 504 Kali

Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo bersama dengan Karang Taruna Kulon Progo menggelar acara Festival Nglarak Blarak dalam rangka memerihkan hari jadi Kabupaten Kulon Progo ke-68. Nglarak Blarak diikuti oleh 12 Kecamatan se- Kabupaten Kulon Progo dan acara final akan dilakukan di Alun-alun Wates.

 

 

Nglarak Blarak merupakan suatu kebudayaan sekaligus olahraga yang berkembang di Kabupaten Kulon Progo, berawal dari masyarakatnya yang kebanyakan beraktifitas menderes nira kelapa, dimainkan dengan pelepah daun kelapa, bumbung kelapa dan diiringi dengan musik gamelan, hal ini menjadi kombinasi unik antara olahraga, kesenian dan budaya sekaligus menjadi hiburan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Drs. Untung Waluya menyampaikan bahwa OlahragaNgalarak Blarak pernah diikutkan dalam festival tingkat nasional dan menjadi penyaji terbaik pada tahun 2014 dan 2016. Selain itu, Pemerintah DIY dan Kulon Progo olahraga Nglarak Blarak juga menjadi juara satu di tingkat internasional yang diikuti oleh 146 negara pada tahun 2017.

“Sebagai generasi muda yang terhimpun dalam Karang Taruna, mulai dari kegiatan yang sifatnya sederhana ketika kita kemas, kita olah dan kita apresiasi dengan benar  bisa mengangkat nama besar Kabupaten Kulon Progo, maka dari itu warga dan generasi muda harus siap menghadapi kemajuan pembangunan di Kabupaten Kulon Progo,” 

Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K) dalam sambutanya diwakili oleh Asisten I, Jumanto S.H, menyampaikan mengenai Filosofi Nglarak Blarak yang kerap disingkat menjadi “nglabrak” yang dalam Bahasa Indonesia berarti menabrak, memiliki makna bahwa kita harus terus melawan kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan.

Nglarak Blarak atau dianggap suatu perpaduan antara edukasi, prestasi dan rekreasi.  Dengan ini kita berharap bisa melestarikan dan mengembangkan permainan Nglarak Blarak mulai dari dari generasi muda bahkan ke semua wilayah sehingga menjadi identititas Kabupaten Kulon Progo,” tutur Jumanto.

jadwal acara lomba di masing- masing kecamatan

 

sumber

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image