You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

11 Makanan dan Minuman ala Thibbun Nabawi

Administrator 06 September 2019 Dibaca 85 Kali

Thibbun Nabawi adalah metode pengobatan Rasulullah yang disebutkan khasiatnya di dalam Al Quran dan hadis. Makanan dan minuman yang dianjurkan sebagai ikhtiar penyembuhan penyakit antara lain:

1. Air zam-zam

Ciri-ciri air zam-zam yang asli adalah tidak berbau, payau (rasanya hambar) dan tidak berlumut jika di simpan dalam waktu lama. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallambersabda: “Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR Muslim)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah membawa air zamzam (di dalam tempat-tempat air) dan ghirbah (tempat air dari kulit binatang), beliau menyiramkan dan meminumkannya kepada orang-orang yang sakit.” (HR At-Tirmidzi dan Baihaqi).

2. Madu

Madu merupakan minuman yang kaya manfaat. Allah subhanahu wa ta’ala menegaskan bahwa madu dapat menjadi obat penyembuh penyakit.

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (Q.s. An-Nahl: 69)

Lebih lanjut, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: Dengan meminum madu, dengan pembekaman, dengan Kayy (besi panas), dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas.” (HR Bukhari, Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Bazzar)

Baca Juga :  Menuntut Ilmu, Jalan Kemuliaan Dunia dan Akhirat

3. Jinten hitam (habbatussauda)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hendaknya kalian mengonsumsi habbatussauda (jintan hitam). Karena habbatussauda mengandung obat untuk segala jenis penyakit, kecuali As-Saam (kematian).” (HR Bukhari, Muslim, At Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Hibban)

Dalam hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa habbatussauda dapat menyembuhkan penyakit, kecuali kematian. Namun, yang perlu dipahami adalah tidak semua penyakit bisa disembuhkan dengan habbatussauda. Ibnu Hajar Al-Asqolani mengatakan bahwa habbatussauda dapat menyembuhkan penyakit yang berunsur dingin, bukan penyakit yang berunsur panas.

4. Zaitun

Allah SWT berfirman: …yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…” (QS An-Nur: 35)

Zaitun berkhasiat dalam melindungi tubuh dari bakteri dan serangan penyakit, memperkuat stamina, menurunkan obesitas, dan masih banyak lagi kegunaannya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Gunakanlah minyak Zaitun sebagai lauk dan gunakanlah sebagai minyak rambut karena ia berasal dari pohon yang penuh dengan berkah.” (HR Al Baihaqi dan Ibnu Majah)

Baca Juga :  Segarnya Es Dawet Siwalan

5. Kurma

Kurma mengandung lemak baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kehadiran lemak ini bermanfaat bagi penyerapan vitamin A, D, E dan K yang juga terkandung di dalam kurma.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Kurma ajwa itu berasal dari surga. Ia adalah obat dari racun, seperti jamur truffle, airnya adalah obat penyakit mata.” (HR An-Nasa’i dan Ibnu Majah dari Jabir dan Abu Said)

6. Susu Kambing

“Peliharalah kambing karena karena terdapat keberkahan pada kambing itu” (HR Ahmad)

Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa kambing mengandung banyak manfaat karena keberkahannya. Hal ini berlaku bagi daging, kulit dan terutama susu kambing. Susu kambing kaya akan Protein, Mineral, Enzim, Vitamin A dan Vitamin B (riboflavin). Susu kambing membantu mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan dan dapat digunakan sebagai makanan tambahan.

7. Jahe

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” (QS Al-Insan: 17)

Firman Allah di atas memaparkan bahwa jahe merupakan salah satu minuman yang ada di surga. Sejalan dengan hal ini, hadis Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan jahe merupakan minuman berkhasiat sehingga dibagi-bagikan kepada seluruh sahabat. Dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa ia menceritakan: “Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam satu karung jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan, dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan.” (HR Abu Nu’aim dalam kitab Ath-Thibb An-Nabawi).

Baca Juga :  Cari Air dan Makanan, Pengungsi Lombok Utara Tempuh Perjalanan hingga 10 Kilometer

8. Cuka Apel

Rasulullah shalallahu \alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik lauk adalah cuka.” (H.R. Muslim). Cuka dapat digunakan untuk terapi pengobatan kolesterol dan membersihkan peredaran darah.

9. Buah Tin

Buah ini disebutkan di dalam Al Quran. “Demi buah tin dan buah zaitun.” (At-Tin: 1). Manfaat buah tin adalah untuk pengobatan penyakit lambung, sakit panas pada anak-anak, TBC, dapat digunakan sebagai masker dan menghilangkan pengaruh obat-obatan.

10. Kismis kuning

Kismis kuning dibuat dari anggur hijau tanpa biji yang dikeringkan. Kandungan utama kismis adalah karbohidrat, vitamin, dan mineral. Anggur termasuk buah yang ada di surga yang disebutkan di dalam Al Quran, tepatnya di surah An-Nahl: 11.

11. Jamur

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kam’ah (jenis jamur) adalah bagian dari dunia jamur. Airnya adalah obat penyakit mata.” (HR Muslim).

sumber

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image