You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Makan atau Mandi Dulu?

Administrator 14 September 2019 Dibaca 438 Kali

Beberapa orang terbiasa langsung mandi setelah bangun tidur di pagi hari karena membuat tubuh terasa lebih segar. Di sisi lain, tak sedikit pula yang lebih memilih untuk sarapan terlebih agar tubuh memiliki energi untuk beraktivitas. Meski keduanya sama-sama bermanfaat, mana yang lebih baik dilakukan saat bangun pagi, makan pagi atau mandi terlebih dulu?

Mana yang lebih baik saat bangun pagi: makan atau mandi dulu?

 

Sarapan adalah bagian terpenting dari rutinitas pagi, sebab dari sinilah Anda memperoleh energi optimal untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, sarapan juga dapat mengisi kembali cadangan energi yang terpakai saat tidur.

Sarapan secara rutin bahkan memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Di antaranya meningkatkan level energi, meningkatkan penyerapan nutrisi, menjaga kadar gula darah, dan mencegah Anda makan lebih banyak pada sisa hari tersebut.

Tanpa sarapan, tubuh Anda berganti mode untuk menghemat energi. Proses ini turut menurunkan kinerja otak dan dapat memengaruhi performa kerja. Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, perhatian, daya ingat, dan kecerdasan secara keseluruhan.

Jika Anda merasa bingung harus memilih makan atau mandi dulu setelah bangun tidur, coba pahami kembali kebutuhan tubuh Anda. Bagi orang-orang yang dengan kegiatan yang banyak menghabiskan energi, makan pagi terlebih dulu mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Kendati demikian, perhatikan kapan Anda sarapan. Waktu ideal untuk sarapan adalah satu jam setelah bangun tidur. Lewat dari batas tersebut, kemungkinan untuk makan berlebihan sepanjang sisa hari tersebut menjadi lebih besar.

Pastikan pula Anda memilih makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang telah melalui proses pengolahan atau tinggi gula seperti pastry, sereal manis, dan donat.

Lalu, apa boleh kalau mandi setelah bangun tidur?

 

Jika Anda masih bingung memilih antara mandi atau makan dulu, coba pertimbangkan fakta unik yang satu ini. Selain membersihkan kotoran dan keringat pada tubuh, mandi ternyata akan memberikan informasi pada otak untuk segera memulai hari.

Otak mengatur jam biologis tubuh Anda. Jika Anda terbiasa mandi pada pagi hari, otak akan mengartikan ini sebagai tanda bahwa pagi hari telah tiba. Otak menjadi lebih sigap, begitupun dengan seluruh tubuh dan indra Anda.

Inilah sebabnya banyak orang merasa segar setelah mandi pagi. Saat dihadapkan pada pilihan untuk makan atau mandi dulu setelah bangun tidur, orang-orang memilih mandi karena efek menyegarkan yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan makan.

Akan tetapi, Anda juga perlu cermat mengatur suhu air. Alih-alih memberikan rasa segar, mandi dengan air hangat justru membuat tubuh menjadi rileks sehingga bisa kembali mengantuk. Agar tubuh tetap segar, cobalah untuk membilas tubuh Anda dengan air suam-suam kuku setelah mandi air hangat.

Anda juga perlu mengetahui waktu yang tepat jika ingin memulai rutinitas pagi dengan mandi. Jangan langsung beranjak untuk mandi begitu Anda membuka mata pada pagi hari. Bangun secara mendadak bisa menyebabkan kondisi yang disebut hipotensi ortostatik.

Hipotensi ortostatik adalah tekanan darah rendah yang dipicu oleh perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba, misalnya dari berbaring menjadi berdiri. Kondisi ini dapat mengakibatkan sakit kepala, stroke, dan kematian pada kasus yang parah.

Makan atau mandi dulu, pilihannya tergantung rutinitas dan kebutuhan Anda. Makan akan memberikan energi bagi tubuh, sedangkan mandi akan menyegarkan tubuh dan pikiran sehingga Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bangun-tidur-makan-atau-mandi-dulu/

vq

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image