You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Pasar Malam Perayaan Sekaten tahun ini Ditiadakan

Admin Kalidengen 04 Oktober 2019 Dibaca 435 Kali

Tahun ini, Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) ditiadakan. Ungkapan ini dilontarkan oleh GKR Bendara bersama Penghageng KHP Kridhomardowo KPH Notonegoro usai jumpa media perayaan sekaten di Bale Raos, Kamis (3/10/2019).

“Keputusan dari siapa, memang ini dawuh dari Ngarsa Dalem. Ngarsa Dalem memang sempat dawuh kalau alun-alun itu setiap tahun dipakai pasar malam itu tidak akan pernah bisa bagus jadi coba dilakukan dua tahun sekali,” kata KPH Notonegoro kepada media.

Menurutnya, penggunaan pasar malam sekaten di Alun-alun Utara malah meninggalkan sejumlah masalah baru. Seperti rumput menjadi rusak hingga masalah sampah yang membuat Alun-alun terlihat kotor.

Menurut KPH Notonegoro, salah satu alasan tidak diadakannya pasar malam sekaten tahun ini lantaran memang ingin mengembalikan kondisi alun-alun utara Yogyakarta menjadi lebih bagus.

“Kemungkinan dua tahun sekali karena dawuh Ngarsa Dalem sendiri supaya kondisi alun-alun lebih bagus. Kalau tahun depan kondisinya belum bagus, mungkin juga sekaten ditiadakan lagi tapi masih mungkin ya, belum tahu seperti apa. Yang jelas tahun ini break dulu untuk kondisi alun-alun biar lebih baik,” tandasnya.

GKR Bendara menambahkan alasan lain ditiadakannya Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) karena memang ingin mengembalikan ruh dari sekaten itu sendiri. Menurutnya saat ini orang mulai lupa bahwa sekaten adalah syiar dan dakwah agama.

Lebih lanjut, pihaknya akan menggelar gerebek sekaten dengan konsep yang kembali pada zamannya terdahulu

Sumber : http://www.jogja.co/pasar-malam-perayaan-sekaten-tahun-ini-ditiadakan/

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image