Beredar Pesan Seruan Aksi Pelajar di Yogyakarta, Ini Kata Polda DIY

Administrator | 28 September 2019 09:22:46 | Berita Kriminal | 18 Kali

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar pesan seruan aksi massa pelajar SMA/SMK di Yogyakarta yang beredar luas melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Pesan itu berisi ajakan untuk para siswa/siswi di Yogyakarta untuk bergerak dalam acara bertajuk "Catatan Akhir Demokrasi Dikorupsi 2019" pada Senin (30/9/2019) pekan depan di Tugu hingga kilometer 0 Yogyakarta.

Pesan berantai mengatasnamakan Front Aliansi Siswa Pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyebutkan, titik kumpul terbagi menjadi lima sesuai daerah masing-masing. Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto mengatakan, pesan yang beredar itu hoaks atau tidak benar. Pihak kepolisian, ujar Yuli, belum menerima surat pemberitahuan terkait penyelenggaraan unjuk rasa yang disebutkan dalam pesan itu.

“Kami monitor ada ajakan di media sosial untuk melakukan unjuk rasa yang akan dilakukan pada hari Senin (30/9/2019),” kata Yuli saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/9/2019).

"Penanggung jawab BC (broadcast) maupun meme di medsos tidak ada, sehingga kami simpulkan sementara bahwa ajakan itu hanyalah hoax," lanjut dia. Setelah surat ini muncul ke publik, lanjut Yuli, pihaknya melakukan koordinasi ke beberapa sekolah baik SMA/SMK tentang ajakan aksi tersebut baik kepada guru atau siswa. "Ada yang tahu broadcast tersebut, namun ada juga yang tidak tahu. Pihak sekolah baik guru maupun siswanya menyatakan bahwa tidak akan ikut aksi tanggal 30 September tersebut," ujar dia. Berikut bunyi pesan yang beredar:

UNDANGAN TERBUKA SISWA/SISWI

Mohon kehadiran rekan-rekan pergerakan Siswa/SIswi dalam Acara SISWA/SISWI INDONESIA BERGERAK CATATAN AKHIR DEMOKRASI DI KORUPSI 2019 DARI SISWA / SISWI YOGYAKARTA yang akan dilaksanakan pada:

Hari Senin, Tgl 30 SEPTEMBER 2019,

Pukul 07.30 - selesai WIB,

Bertempat di Tugu Sampai KM 0 .

Titik kumpul Regional SMA/SMK Sleman di Alun-Alun Kabupaten Sleman. Titik kumpul Regional SMA/SMK Kota di Kantor Gubernur DIY. Titik kumpul Regional SMA/SMK Bantul di ISI (institusi Seni Indonesia) Kabupaten Bantul. Titik kumpul Regional SMA/SMK Kulon Progo di Alun-Alun Wates Kabupaten Kulonprogo. Titik kumpul Regional SMA/SMK Gunung Kidul di depan jalan Kidfun banguntapan.

Mari sama sama untuk bangun bangsa ini mulai dari kita kawan kawan ! Atas kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih. MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA !!!

Salam Front Aliansi Siswa Pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta .

Secara terpisah, Kompas.com mencoba mengonfirmasi kepada salah satu siswa Madrasah Negeri di Yogyakarta. Dia mengatakan, aksi tersebut bukan dari pelajar dan bukan dari organisasi pelajar manapun di Yogyakarta. "Belum ada aksi yang dilakukan inisiatif pelajar langsung hari Senin. Itu hanya broadcast-an saja, yang enggak jelas dari mana asalnya," kata siswa tersebut. Menurut dia, pihak sekolah mengumumkan kepada para siswa mengenai adanya acara tambahan setelah jam pelajaran. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beredar Pesan Seruan Aksi Pelajar di Yogyakarta, Ini Kata Polda DIY",https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/27/154017865/beredar-pesan-seruan-aksi-pelajar-di-yogyakarta-ini-kata-polda-diy?page=all.
Penulis : Mela Arnani
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

 

vq

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : KALIDENGEN I, KALIDENGEN, TEMON, KULON PROGO
Desa : KALIDENGEN
Kecamatan : Temon
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55654
Telepon : 08112642340
Email : desakalidengen@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung