You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Ngaku Orang Indonesia? Ini Filosofi Batik yang Wajib Anda Tahu

Admin Kalidengen 02 Oktober 2019 Dibaca 1.173 Kali

Perbendaharaan ragam rupa Indonesia memang tak ada habisnya untuk dipelajari. Salah satunya, yakni karya seni rupa Indonesia yang melanglangbuana hingga ke mancanegara, batik namanya. Namanya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Batik berasal dari bahasa jawa hamba dan titik. Yang berarti menulis dalam titik.

Batik Indonesia

(Bakal batik yang telah dilukis meggunakan malam. Phinemo.com/Astrid Syifa)

Menengok kembali sejarah batik di tanah Jawa, dulunya batik hanya dibuat oleh keluarga kerajaan. Kegiatan membatik oleh putra putri keraton dipandang sebagai kegiatan penuh nilai kerokhanian yang memerlukan pemusatan pikiran, kesabaran, dan kebersihan jiwa. Oleh karenanya, coraknya penuh dengan simbol dan corak-corak tertentu.

Corak batik yang dimiliki masing-masing daerah pun berbeda-beda. Misalnya, batik Semarangan yang memiliki corak flora dan fauna dengan warna-warna terang.

Batik Indonesia

(Ragam batik tulis Semarang yang dibuat selama bertahun tahun. Phinemo.com/Astrid Syifa)

Meskipun terlihat sederhana, namun dalam setiap gores motif batik, terkandung makna filosofis yang mendalam. Diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 2009, menegaskan kembali eksistensi batik di mata dunia.

Tahun 2014, Indonesia kembali mendapatkan sorotan membanggakan dari dunia atas prestasinya mengenai batik. Yakni dengan ditetapkannya Yogyakarta sebagai kota batik dunia. Untuk memperkaya pengetahuan Anda tentang batik Indonesia, berikut kami rangkum setiap makna dan filosofi batik Indonesia. Jadi, jangan sampai asal salah pilih batik ya.

1. Motif batik parang tunjukkan status sosial tinggi

Batik Indonesia

(Batik parang (kanan atas & bawah) tunjukkan status sosial yang tinggi. Phinemo.com/Astrid Syifa)

Pada zaman dahulu, motif batik berbentuk mirip dengan pedang ini memiliki biasanya dipakai oleh bangsawan atau raja. Jenis batik parang ini juga dikenal sebagai batik tertua di Jawa. Batik parang pun memiliki beragam jenis motif, di antaranya yakni parang barong, parang rusak, parang kusumo, parang kecil, parang slobog dan parang klitik.

Parang barong itu hanya khusus untuk raja. Tidak dipakai untuk sehari-hari. Biasanya dipakai untuk acara kenegaraan.”, ujar Pak Luwi, salah satu pengrajin batik di Kampung Batik Semarang

Selain parang barong, terdapat juga motif parang rusak yang artinya berjuang untuk memperbaiki diri sendiri.

Kalau parang itu kan seperti pedang ya. Maksudnya memerangi, parang artinya memerangi sifat – sifat yang rusak. Kalau ada sifat yang rusak atau keliru, tidak baik, itu bisa diubah untuk menjadi lebih baik. “

2. Kawung untuk rezeki melimpah

Batik Indonesia

(Ragam model batik Kawung. pemoeda.com)

Motif batik yang mirip biji pinang ini menyimpan banyak makna filosofi. Kawung ini juga menyimbolkan harapan untuk mendapatkan rezeki.

Kawung ini menjadi simbol arah mata angin, serta simbol keseimbangan. Motif kawung ini kan juga mirip seperti mata uang ya. Jadi harapannya, orang yang memakai batik motif ini akan mendapatkan rezeki yang melimpah.” ujar Pak Luwi

3. Sidoluhur

Batik Indonesia

(Motif batik Sidoluhur Solo. Modelbaju.com)

Secara harfiah, sido dalam bahasa Jawa memiliki arti jadi, atau menjadi. Sedangkan luhur artinya terhormat dan bermartabat. Sehingga, menurut filosofinya, batik Sidoluhur ini menjadi salah satu bentuk doa sang pemakai agar selalu sehat jasmani rohani, serta menjadi orang yang terhormat dan bermartabat.

4. Truntum, cinta yang tulus

Batik Indonesia

(Pak Luwi, seorang pengrajin batik Semarang sedang menunjukkan motif Truntum Garuda. Phinemo.com/Astrid Syifa)

Alkisah, dahulu sang permaisuri Sunan Pakubuwana III, Raden Kanjeng Ratu Kencana atau biasa disebut Ratu Beruk dibuat sedih atas keputusan sang Sunan untuk memperistri selir untuk mendapatkan keturunan.

Untuk mengusir kesendirian  dan kesedihannya, sang ratu mulai melakukan kegiatan membatik dengan membuat motif batik bintang. Ia mempersembahkan batik truntum ini sebagai bentuk ketulusan dan rasa sayang kepada sang raja. Alhasil, sang raja pun mengurungkan niatannya untuk memperistri selir.

Di masa sekarang, motif truntum ini sering digunakan dalam upacara pernikahan Jawa. Orangtua akan mennuntun mempelai hingga altar pernikahan menggunakan selembar kain batik truntum. Hal ini juga bermaksud untuk menuntun anaknya membina hubungan berlandaskan kasih yang tulus tanpa syarat, abadi dan tak lekang waktu.

5. Motif Sidomukti

Batik Indonesia

(Detail motif batik Sidomukti. Bajubatiksolo.net)

Motif yang satu ini sering digunakan pada acara pernikahan. Makna filosofis di dalamnya adalah kemakmuran, serta harapan agar seseorang dapat mencapai kebahagian lahir dan batin.

6. Sidomulyo untuk kemuliaan

Batik Indonesia

(Motif batik Sidomulyo gambarkan kemuliaan. bajubatik.wordpress.com)

Jika Sidoluhur berarti terhormat, maka sido mulyo memiliki arti kemuliaan. Mulyo, dalam bahasa Jawa memiliki makna mulia. Harapannya, orang yang memakai motif batik ini akan mencapai kemuliaan dalam hidup.

7. Motif Asem Semarangan

Batik Indonesia

(Ragam motif batik Semarangan dengan ciri khas asem. Phinemo.com/Astrid Syifa)

Corak motif flora dan fauna memang erat kaitannya dengan wilayah pesisir. Di Semarang sendiri, salah satu ciri khas batiknya yakni batik dengan motif pohon asem, maupun asem di dalamnya. Terkadang, terdapat pula motif burung blekok yang menghiasi sekitaran motif asem yang ada.

8. Motif Cuwiri untuk bayi

Batik Indonesia

(Motif batik cuwiri untuk mitoni. infobatik.id)

Cuwiri memiliki makna kecil-kecil. Umumnya, motif cuwiri ini digunakan dalam acara mitoni (upacara tradisi Jawa untuk selamatan 7 bulan kehamilan). Motif ini memiliki makna yang mendalam bagi sang bayi. Dimana orang tuanya berharap, si bayi sejak kecil telah memiliki nilai-nilai kebaikan, sehingga dihormati oleh masyarakat.

9. Motif Tambal

Batik Indonesia

(Batik tambal dipercaya menyembuhkan orang sakit. ubatik.wordpress.com )

Batik motif tambal ini memang terlihat sedikit berbeda dengan motif batik lainnya. Namun, seperti motif batik lainnya, batik ini memiliki filosofi yang cukup mendalam. Tambal, dalam bahasa Jawa memiliki arti menambal, maksudnya, dalam hidupnya manusia arus selalu berbenah dan memperbaiki diri menuju kehidupan yang lebih baik secara lahir maupun batin. Pada zaman dulu, batik tambal ini juga sebagai doa agar orang yang sakit segera mendapat kesembuhan. Caranya yakni dengan menyelimuti orang sakit dengan batik motif tambal.

10. Motif Grompol untuk kesatuan

Batik Indonesia

(Motid Grompol Yogyakarta. iramerkurius.blogspot.com)

Motif yang satu ini sangat terkenal di Yogyakarta. Dilihat dari motifnya, sudah bisa mencerminkan adanya kesatuan berupa rantai – rantai yang tergabung menjadi satu dengan pola bunga di tengahnya. Dari segi makna, grompol memiliki arti bersatu.

Masyarakat percaya bahwa motif batik ini merupakan simbol dari bersatunya hal-hal yang bersifat kebaikan. Hal tersebut membuat batik ini sering dikenakan pada saat upacara perkawinan. Grompol merupakan pengharapan berkumpulnya rejeki, kebahagiaan, keturunan, hidup rukun, dan sebagainya.

11. Sekar Jagad si bunga dunia

Batik Indonesia

(Motif Sekar Jagad. batikfoundation.com)

Dalam bahasa Jawa, Sekar memiliki makna bunga, sedangkan jagad bermakna dunia. Namun, beberapa sumber juga mengatakan bahwa motif sekar jagad ini berasal dari kata “kar jagad” yang beraarti peta dunia, sehingga motif ini juga melambangkan keragaman di seluruh dunia. Motif ini berasal dari pedalaman Solo maupun Yogyakarta. Motif ini juga menggambarkan bentuk kebaikan dan biasanya dipakai oleh orang pintar atau orang ahli, dukun istana dan keluarga keraton.

Sumber:https://phinemo.com/filosofi-batik-yang-wajib-anda-tahu/

vq

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image