Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

6 Penemuan Jenius yang Bisa Selamatkan Bumi, Bisa Dimakan atau Hilang Setelah Dipakai

16 Oktober 2019 11:07:31  Admin Kalidengen  5 Kali Dibaca 

Berbagai cara telah dilakukan ilmuwan, peneliti, bahkan orang biasa untuk membantu membuat keadaan bumi jadi lebih baik. Sebagian dari kita juga mungkin ada yang pelan-pelan mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, seperti membawa tas sendiri waktu belanja di supermarket atau memilih tidak mengambil sedotan plastik saat jajan es kopi susu di kafe kekinian.

Nggak ada yang sia-sia dari semua usaha yang sejauh ini sudah kita lakukan. Namun, agaknya semua itu akan lebih sempurna kalau kita bisa memanfaatkan benda-benda di bawah ini untuk beraktivitas sehari-hari. Walau mungkin belum semua tersedia di Indonesia, tapi nggak ada salahnya untuk cari tahu lebih dulu lewat tulisan ini. Yuk, simak bareng!

1. Tak bisa dipungkiri kalau botol plastik kerap jadi sampah yang mencemari lingkungan karena sifatnya yang nggak bisa terurai. Tapi ada ilmuwan yang berhasil menciptakan air langsung telan!

Air yang bisa “dimakan” via www.hindustantimes.com

 

Air yang “bisa dimakan” ini terbungkus semacam membran gelatin yang terbuat dari campuran klorida dan rumput laut. Ukurannya nggak begitu besar dan mungkin cuma bisa sekali teguk. Meski begitu, penemuan ini digadang-gadang bisa jadi cara minum air di masa depan. Yang terpenting sih jadi nggak buang-buang botol plastik ya..

2. Selain botol plastik, kresek sekali pakai juga sering ditemukan mengambang di lautan, atau yang terparah sampai termakan hewan laut. Saat ini sudah ada kantong yang terbuat dari pati singkong dan bisa larut di dalam air

Kresek dari singkong via www.thenational.ae

Walau sudah banyak dilarang, tapi kayaknya kita memang susah lepas 100ri kresek plastik. Buktinya kita masih nggak segan-segan buat membayar kantong plastik setiap belanja di swalayan. Solusinya mungkin bukan menghindarinya ya tapi gimana caranya menciptakan kantong plastik yang bisa terurai, seperti yang udah ada sekarang: kresek dari singkong. Selain larut dalam air, tas ini juga bisa dimakan!

3. Ada juga cincin kaleng minuman yang bisa dimakan. Kalau biasanya terbuat dari lembaran baja dan timah, yang ini terbuat dari gandum!

Cincin kaleng minuman via www.express.co.uk

Karena terbuat dari gandum, tentu cincin kaleng minuman ini akan dengan mudah terurai. Dan kalau pun termakan biota laut juga nggak akan beracun kayak sampah-sampah plastik selama ini. Penemuan ini tentu akan berguna untuk mengurangi pencemaran sampah, apalagi kalau pabrik-pabrik minuman (atau makanan) kalengan setuju untuk beralih ke produk ini..

4. Ilmuwan lain ada juga yang berhasil menciptakan sendok yang bisa dimakan. Daripada pakai sendok plastik sekali pakai, mendingan pakai yang bisa dimakan ya!

Sendok yang bisa dimakan via foodscross.com

Sendok plastik bekas pernah ditemukan utuh dalam perut ikan yang mati di sebuah perairan. Peristiwa ini menunjukkan kalau sendok plastik sekali pakai juga nggak kalah bahayanya dengan produk plastik lainnya. Ilmuwan kemudian menemukan solusi atas masalah ini dengan membuat sendok yang bisa dimakan. Sendok ini terbuat dari biji-bijian, padi, dan gandum, jadi jelas aman.

5. Selain yang bisa dimakan, ada juga produk yang bisa langsung hilang setelah digunakan, seperti pil odol ini

Pil odol via www.thepopple.com

Ternyata banyak banget ya produk rumah tangga yang bungkusnya sulit terurai dan mencemari lingkungan, seperti bungkus pasta gigi. Nah, untuk mengurangi sampah tersebut, saat ini sudah ada yang membuat odol berbentuk pil! Tinggal dikunyah sebentar lalu kamu sudah bisa menyikat gigi seperti biasa. Nggak akan ada lagi sampah yang mencemari lingkungan karena odolnya langsung hilang jadi busa~

6. Nggak cuma odol, ada juga sampo berbentuk bulatan kecil sebesar 5 mm. Kalau mau pakai langsung dibasahi pakai air aja

Sampo berbentuk bulatan kecil via www.youtube.com

Selama ini botol sampo memang kerap menuh-menuhi sampah di rumah. Selain ukurannya yang besar, ia juga sulit terurai. Mengatasi masalah ini, seorang remaja bernama Benjamin Stern kepikiran membuat sampo berbentuk bulatan kecil sekali pakai. Selain nggak akan meninggalkan sampah, sampo ini juga dibuat dari bahan alami jadi sudah pasti aman bagi lingkungan.

Sumber : https://www.hipwee.com/feature/penemuan-yang-bisa-selamatkan-bumi/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : KALIDENGEN I, KALIDENGEN, TEMON, KULON PROGO
Kalurahan : KALIDENGEN
Kapanewon : Temon
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55654
Telepon : 08112642340
Email : desakalidengen@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:400
    Kemarin:1.579
    Total Pengunjung:57.566
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.129.91
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

22 Januari 2019 | 152.843 Kali
Visi Misi
29 Maret 2019 | 152.830 Kali
Maklumat PPID
17 Juni 2019 | 152.816 Kali
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui kanal Sahabat Keluarga-nya mengeluarkan
06 Maret 2019 | 152.813 Kali
Sejarah Desa
29 Maret 2019 | 152.811 Kali
Mekanisme Layanan
29 Maret 2019 | 152.809 Kali
Permohonan Informasi
06 Maret 2019 | 152.808 Kali
Profil Wilayah Desa

Statistik SID