You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Resep Membuat Es Teh Terbaik

Admin Kalidengen 30 Oktober 2019 Dibaca 546 Kali

Tidak ada rahasia dalam menyeduh es teh. Namun, hanya ada beberapa cara yang mungkin bisa membuat minuman ini sangat menyegarkan dan nikmat. 

Membuat es teh terbaik, sama seperti halnya saat membuat minuman dingin lainnya. Misalnya, es kopi, yang membutuhkan waktu dan cara tepat saat proses penyeduhan.

 

 

Melalui proses penyeduhan yang tepat, maka segelas es teh yang nikmat dengan citarasa tinggi tak mustahil diperoleh. Bahkan mungkin gula maupun madu tidak dibutuhkan setetespun untuk membuatnya lebih enak. 

Ketika teh direndam dalam air panas, proses ini melepaskan senyawa tanin yang pahit, dan astringen yang biasanya membuat anggur bisa terasa kering, serta buah-buahan mentah menjadi tak enak untuk dimakan. Namun, ketika direndam dalam air dalam waktu yang cukup lama, Anda akan mendapatkan kemurnian dari teh, mulai dari rasa yang belum pernah dicicipi. 

Dengan demikian, tak perlu dikatakan lagi bahwa es teh dengan seduhan air dingin akan nikmat tergantung dengan kualitas teh yang dimiliki. Baik itu berasal dari daun, maupun jenis teh celup tidak menjadi masalah, asalkan teh masih berbau harum yang kuat. 

Dilansir Mydomaine, Kamis (17/10), ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menyeduh teh untuk mendapatkan hasil terbaik.


Wadah
Pilih tempat seperti teko untuk membuat teh. Selain itu, bisa juga menggunakan wadah apapun, asalkan memiliki tutup seperti toples besar atau botol air isi ulang, jika Anda menggunakan teh celup.

 

Teh daun (bubuk)
Jika menggunakan teh dari daun, Anda harus menyeduh terlebih dahulu dan saring ke wadah lain. Lalu, tuangkan ke dalam wadah lainnya. Jika Anda ingin melewatkan, Anda bisa menyeduh teh dalam panci besar yang memiliki penutup, lalu saring ke wadah lain untuk menyimpannya. 

Gunakan gelas yang bisa mengukur jumlah cairan untuk menuangkan air dingin atau panas ke dalam wadah pembuat teh. Setelah penuh, tambahkan satu sendok teh daun teh yang menumpuk untuk setiap cangkir.

Lalu tambahkan satu sendok teh lagi untuk ukuran yang lebih banyak. Aduk rata dengan sendok kayu, tutup, dan tempatkan di lemari es selama minimal delapan jam.

Teh kantong

Jika Anda menggunakan teh celup, gunakan tiga untuk setiap dua gelas air. Potong tali di teh celup dan beri tanda. Biarkan kantong teh utuh dan aduk setiap dua jam.

Diamkan selama beberapa jam, seperti meninggalkannya untuk tidur malam dan saat bangun aduk rata. Kemudian, diamkan lagi selama satu jam sebelum memberikan rasa. 

Ketika teh mencapai rasa yang diinginkan, saatnya untuk menyaring. Gunakan penjepit untuk mengeluarkan kantong teh atau jika daun, maka Anda membutuhkan saringan jala halus. 


Tambahan pemanis
Jika Anda menambahkan pemanis, pastikan itu berupa cairan seperti madu, agave, atau sirup sederhana, karena gula pasir biasa tidak akan larut dengan baik dalam air dingin.

Anda juga bisa menambahkan irisan buah segar seperti jeruk dan lemon. Untuk memberi kesegaran ekstra, tambahkan daun mint atau lemon thyme.

Sumber : https://gayahidup.republika.co.id/berita/pzifs3463/resep-membuat-es-teh-terbaik

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image