You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Fakultas UGM Yogyakarta Tinjau Lapangan ke Basecamp “Mekar Sore” Kalidengen

Admin Kalidengen 16 Januari 2020 Dibaca 482 Kali

Tim Fakultas Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta mengadakan tinjau lapangan untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata(KKN) di Desa Kalidengen pada hari Rabu (15/01) kemarin. 

Dengan didampingi Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Tim dari Universitas Gajah Mada memaparkan rencana program KKN yang akan mereka laksanakan. Program KKN ini sendiri mengarah pada inventarisasi budaya lokal untuk merintis galeri budaya dan Pengembangan UMKM di Desa Kalidengen.

Karena program KKN berhubungan dengan budaya lokal, maka tujuan tinjuan ini adalah Base Camp Kelompok Kesenian “Mekar Sore” di Kediaman Bapak Subarno (Rt 11 Rw 06, Pedukuhan Kalidengen 1, Desa Kalidengen).

Kelompok Kesenian “Mekar Sore” sendiri adalah  kelompok kesenian yang ada di Desa Kalidengen yang mempunyai beberapa cabang kesenian diantaranya :

  1. Kesenian Campur Sari “Mekar Sore” (MS Pro)
  2. Kesenian Campur Sari Tejo Laras
  3. Kesenian Jathilan Kalidengen
  4. Kesenian Tari Sanggar Tari “Puspa Mekar”
  5. Kesenian Rebana “Amalia”
  6. Hadroh Sidatan
  7. Kesenian Guyon Maton “Mediasi”
  8. Kesenian Kethoprak
  9. Kesenian Wayang

Program KKN yang rencana akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 lebih menyasar kepada kelompok pelaku seni dan UMKM yang ada di Desa Kalidengen.

Untuk goal dari program KKN ini sendiri, nantinya, masyarakat Desa Kalidengen dapat memperkenalkan budayanya sebagai daya tarik wisata mengingat lokasi Desa Kalidengen yang berdekatan dengan Yogyakarta International Airport dan Pantai Glagah Indah.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image