You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Pendaftaran CPNS 2019 Simak 5 Tips

ttd carik 13 November 2019 Dibaca 525 Kali

untuk para peserta yang akan mengikuti seleksi ini dapat bersiap sejak sekarang. Simak lima tips cermat agar lolos seleksi CPNS 2019:

1. Pilih Formasi Sesuai Gelar dan Pengalaman

 

Masih belum terlambat untuk mencari tahu formasi yang sesuai dengan gelar yang kamu punya di ijazah. Pasalnya, tahun lalu banyak peserta yang gugur seleksi administrasi karena jabatan yang dipilih tidak sesuai dengan pendidikan yang ada di ijazah.

Misalnya, di ijazah tertera pendidikan yang diambil Sarjana Ilmu Komunikasi maka pilih juga formasi yang membutuhkan pekerja dari jurusan tersebut. Meski begitu, peserta juga harus memilih formasi yang pernah memiliki pengalaman di bidang tersebut. 

Pasalnya, ada beberapa formasi yang mewajibkan seleksi kompetensi bidang (SKB) yang berisi hal-hal teknis untuk formasi yang dipilih. Bagi yang berpengalaman, akan memiliki peluang lebih besar jika dalam SKB ada sesi wawancara. Sebaliknya, bagi fresh graduate dan peserta yang tidak ada latar belakang pendidikan yang sama akan sulit melalui proses seleksi tersebut.

 

2. Pilih Formasi dan Instansi yang Sepi Peminat

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, portal SSCASN akan mencantumkan jumlah pelamar secara real time untuk setiap formasi. Ini akan memudahkan pelamar untuk mengetahui jumlah pesaingnya di formasi tersebut. 

Biasanya formasi yang sepi peminat merupakan formasi untuk penempatan di luar Pulau Jawa. Selain itu, pelamar di tingkat kementerian cenderung lebih tangguh ketimbang tingkat Kabupaten Kota.

3. Hati-Hati Saat Upload Berkas

Perhatikan dengan cermat persyaratan pemberkasan CPNS sebelum diunduh. Sebab, pada sistem seleksi tahun lalu hanya bisa dilakukan pengunduhan sebanyak sekali sehingga jika melakukan kesalahan tidak bisa diperbaiki.

Perhatikan juga ukuran file dan ketentuan yang diminta terutama pada bagian akreditasi jurusan, ada beberapa formasi yang meminta akreditasi terbaru tapi ada juga yang sesuai dengan tahun kelulusan. Pasalnya, setiap formasi akan memberikan persyaratan berkas berbeda-beda.

5. Daftar pada H-3

Untuk mengetahui jumlah pesaing di formasi yang akan dipilih tentu harus menunggu sampai detik-detik akhir pendaftaran. Dengan begitu akan memudahkan memilih formasi karena terlihat formasi mana yang mungkin lolos.

Namun, tips satu ini telah menjadi pengetahuan umum bagi peserta CPNS sehingga seringkali server SCCASN down di hari-hari terakhir pendaftaran.

5. Latihan Soal Tes CPNS

Tes CPNS terdiri dari dua jenis yaitu, Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi tiga jenis yakni, Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS. Oleh karenanya, diperlukan latihan yang matang agar bisa melalui tes-tes ini.

 

https://www.inews.id/finance/makro/pendaftaran-cpns-2019-dibuka-besok-simak-5-tips-ini-biar-lolos

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image