You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

Yuk Mulai Menanam Tanaman Obat Keluarga di Rumah

Administrator 29 Agustus 2019 Dibaca 479 Kali

Yuk Mulai Menanam Tanaman Obat Keluarga di Rumah

 

Keanekaragaman tanaman di Indonesia telah dimanfaatkan oleh generasi terdahulu untuk merawat kecantikan, menjaga kesehatan, serta mengobati penyakit. Sebagai alternatif, Ibu pun sebaiknya mulai menanam jenis tanaman obat keluarga (TOGA) di pekarangan rumah. Berikut Sahabat Nestlé rangkum beberapa manfaat menanam berbagai jenis tanaman obat di rumah.

  1. Murah

Dibandingkan menjaga kesehatan dengan berbagai obat modern, Ibu dapat mencari alternatif agar dapat menjaga kesehatan dengan cara yang relatif lebih murah, yaitu menanam tanaman obat di rumah.

  1. Mudah diperoleh

Menanam berbagai jenis tanaman obat di rumah dapat membantu Ibu apabila membutuhkan pertolongan pertama apabila sedang mengalami masalah kesehatan. Jika Ibu sedang membutuhkan suatu tanaman obat, membeli di pasar terlebih dahulu tentunya akan lebih sulit dan menghabiskan waktu daripada memetiknya di pekarangan rumah.

  1. Multifungsi

Tanaman obat tidak hanya bermanfaat untuk pengobatan tradisional. Beberapa di antara jenis tanaman obat juga dapat dijadikan bumbu masak, seperti lengkuas, sereh, ataupun jahe. Bahkan, kunyit juga dapat dijadikan pewarna alami makanan. Jadi, tanaman obat tidak hanya berfungsi untuk mengatasi masalah kesehatan, tetapi juga Ibu olah di dapur sehari-hari.

  1. Bebas bahan kimia

Obat-obatan modern, misalnya antibiotik tidak dapat membedakan antara bakteri yang baik ataupun jahat di dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Secara umum, tanaman obat, yang telah dipercaya secara turun-temurun, tergolong lebih aman daripada obat-obatan modern karena berasal dari alam, diproses secara alami, tidak beracun, serta tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara tepat. Walaupun begitu, tetap berhati-hati agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya, Bu.

 

Meskipun Anda pernah mendengar namanya, mungkin Anda belum terlalu familiar dengan apa saja jenis tanaman yang masuk ke dalam kategori TOGA. Dilansir dari boldsky.com, berikut beberapa di antaranya.

lidah buaya
Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang umum masuk di program TOGA. Lidah buaya memiliki manfaat dapat menurunkan berat badan Anda. Anda bisa mencobanya dengan cara merebus lidah buaya tersebut dan mengonsumsinya sebagai jus di pagi hari.

Basil
Basil adalah jenis rempah yang ternyata juga memiliki sifat penyembuhan yaitu mampu mencegah peradangan serta meningkatkan nafsu makan.

Jahe
Jahe sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Manfaat umum dari jahe adalah mampu mengusir pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena sifat anti bakterinya.

Lavender
Lavender umumnya ditanam sebagai tanaman pengusir nyamuk. Namun ternyata menghirup aroma lavender bisa mengatasi kecemasan dan depresi Anda.

Serai
Serai merupakan salah satu tanaman herbal terbaik yang bermanfaat untuk mengobati mual.

Daun mint
Apakah yang Anda rasakan setelah menghirup daun mint? Anda pasti akan merasa lebih tenang dan rileks. Ya, itulah manfaat dari daun mint yaitu mampu meredakan stres Anda.

Thyme
Thyme ternyata bisa dibuat teh. Dan teh thyme bermanfaat untuk menenangkan gejala sakit tenggorokan dan batuk. [feb]

 

 

sumber 1

sumber 2

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image