You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

5 Manfaat Senam Pagi yang Tidak Boleh Disepelekan

Muh Masruri Mustofa 04 Oktober 2019 Dibaca 5 Kali

MONITOR, Jakarta- Perkara membiasakan olahraga memang tidaklah mudah, apalagi jika Anda termasuk individu yang memiliki kegiatan serta kesibukan yang padat. Jangankan rutin olahraga di pagi atau sore hari, membiasakan diri untuk berolahrga di akhir pekan saja rasanya susah sekali untuk dilakukan. Padahal, sudah banyak penelitian yang mengungkapakan bahwa olahraga yang teratur terbukti bermanfaat bagi tubuh karena dapat memperlancar sistem peredaran darah, menghalau perkembangan virus penginfeksi penyakit, hingga menurunkan risiko terkena obesitas.

Jika memang olahraga berat sulit untuk dilakukan, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba jenis olahraga yang lebih ringan. Namun, tetap optimal dalam menjaga kebugaran. Contohnya, senam pagi.

Dilansir dari Go-dok.com, meskipun sering dianggap sepele, namun senam pagi yang umumnya melibatkan gerakan tubuh yang ritmis dan sistematis ini terbukti memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Apa sajakah manfaat senam pagi yang dimaksud? Ini dia penjelasan lengkapnya.

1. Menghambat proses penuaan
Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat senam pagi adalah untuk menghambat proses penuaan. Lho, kok bisa? Dengan melakukan gerakan senam, sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar. Darah, seperti yang kita ketahui, mengangkut oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap jaringan tubuh. Jadi, jika peredarannya lancar, maka setiap anggota tubuhpun akan mendapatkan pasokan nutrisi esensial serta oksigen yang memadai. Hasilnya, Anda akan terlihat lebih bugar, segar, dan bergairah.

2. Meningkatkan kebugaran fisik
Dengan melakukan gerakan senam yang ritmis dan dinamis, Anda secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin. Nah, inilah yang kemudian membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Selain itu, banyaknya otot tubuh yang bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan risiko Anda mengalami cedera otot atau persendian.

3. Menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast
Manfaat senam pagi yang selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast. Apa itu osteoblast dan osteoclast? Dua istilah tersebut mengacu pada sel yang ada pada tulang. Jika osteoclast merupakan sel yang berfungsi untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran, maka osteoblast merupakan sel yang berfungsi untuk memecah matriks tulang yang telah mati dan kemudian menyerap kalsium yang tersisa di dalamnya untuk diubah menjadi tulang yang baru. Nah, banyak ahli berpendapat bahwa senam pagi dapat menyeimbangkan jumlah osteoblast dan osteoclast. Hasilnya, pembentukan tulang di dalam tubuh akan berjalan optimal sehingga Anda terhindar dari risiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya.

4. Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka senam pagi bisa menjadi salah satu jenis olahrga ideal yang dapat dicoba. Pilihlah jenis senam yang banyak melibatkan gerakan aktif dan cepat, seperti senam aerobik. Lincahnya gerakan pada senam aerobik akan membuat tubuh Anda lebih aktif dalam membakar kalori. Apalagi jika senam dilakukan sebelum sarapan, maka tubuh yang belum mendapatkan pasokan kalori akan membakar lemak sebagai cadangan energinya.

5. Menciptakan perasaan bahagia
Layaknya jenis olahraga lainnya, senam pagi juga dapat merangsang otak Anda untuk melepaskan hormon endorphin. Hormon ini dikenal banyak pihak sebagai hormon berfungsi untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas, mengurangi stres, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Itu tadi 5 manfaat senam pagi bagi kesehatan. Selain baik bagi tubuh, senam pagi yang umumnya dilakukan dalam kelompok dengan jumlah orang yang lumayan banyak juga akan meningkatkan kualitas kehidupan sosial Anda. Jadi, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Karenanya, jangan malas senam pagi, ya!

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image