You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

5 Sampah Dapur yang Bisa Difungsikan Jadi Pupuk Kompos. Udah Hemat, Bikin Subur Tanaman Pula !

Admin Kalidengen 18 Oktober 2019 Dibaca 0 Kali

Alih-alih membuang sampah dapur, bagaimana jika kamu memanfaatkannya menjadi pupuk kompos? Baru-baru ini, wacana penggunaan pupuk kompos kembali digencarkan karena bisa meminimalisir kerusakan lingkungan. Pupuk kompos mudah terurai oleh tanah dan bisa membuat tanaman lebih subur.

Nggak perlu repot dengan banyak bahan, cukup sisihkan beberapa sampah dapur berikut, maka pupuk kompos sudah bisa kamu gunakan. Pupuk ini nantinya bisa kamu gunakan untuk menjaga kesuburan sayur yang kamu tanam di rumah.

1. Cangkang telur kaya akan protein yang bisa membuat tanah jadi lebih gembur dan subur

Selesai bikin telur dadar, baiknya simpan cangkang telurmu dan manfaatkan jadi pupuk kompos. Kamu hanya perlu mencampurkan tanah yang akan digunakan sebagai media dengan cangkang telur. Agar kelembapan tanah terjaga, siram dengan air rebusan telurnya.

2. Tampung air cucian berasmu dan gunakan jadi pupuk kompos serba guna

 

Air cucian beras mengandung banyak mikroba yang bisa membuat tanaman tumbuh subur. Selain itu, kandungan nitrogen, fosfor, dan kaliumnya bisa membuat tanah jadi gembur lo! Cukup siram tanamanmu setiap pagi dengan air cucian beras agar berkembang dengan baik.

3. Manfaatkan lapisan luar biji kacang untuk jadi pupuk kompos

Dalam bagian kulit kacang terdapat kandungan nitrogen yang bisa membuat tanaman lebih subur. Selain itu, kulit kacang juga bisa jadi pengusir gulma yang alami lo!

4. Jangan buang kulit pisang yang kamu makan, sebab ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi kompos alami

 

Kulit pisang mengandung kalium dan fosfor yang bisa mempercepat pertumbuhan akar dan membuat kondisi tanaman jadi lebih sehat. Untuk membuatnya, kamu perlu menjemur kulit ini terlebih dulu. Setelah itu cincang halus kemudian campurkan dengan tanah.

5. Jika kamu sering menggunakan bawang untuk memasak, sisihkan kulitnya dan buatlah jadi pupuk kompos

 

Dalam kulit bawang terkandung senyawa yang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman. Untuk membuatnya sebagai pupuk, kamu bisa merendamnya dalam air selama satu malam, lalu semprotkan di tanaman yang ingin kamu beri pupuk.

Mudah dan praktis bukan cara membuat pupuk kompos dari sampah dapur ini? Daripada dibuang, coba manfaatkan sampah dapurmu menjadi pupuk yang berguna bagi tanaman.

Sumber: https://www.hipwee.com/tips/pupuk-kompos-sampah-dapur/

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image