You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIDENGEN
Kalurahan KALIDENGEN

Kap. Temon, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

URIP IKU KUDU MANFAAT JANGAN MELIHAT KENIKMATAN ORANG LAIN KECEMASAN YANG BERLEBIHAN BISA MENGIKIS KEIMANAN

8 Hal Sederhana ini Bantu Perbaiki Kondisi Lingkungan. Terlalu Mudah untuk Nggak Dilakukan !

Admin Kalidengen 17 Oktober 2019 Dibaca 0 Kali

Bumi yang kita tinggali ini sudah semakin tua. Sudah saatnya bagi kita untuk turut menjaganya dengan mengondisikan lingkungan tetap lestari. Nggak perlu muluk-muluk, banyak hal sederhana yang sebenarnya bisa kita lakukan. Bahkan, caranya terlalu gampang sehingga terasa nggak mungkin untuk nggak dilakukan.

Demi keselamatan kita semua, yuk mulai terapkan cara-cara ini  dari sekarang!

1. Agar lebih ramah lingkungan, coba pertimbangkan untuk beli baju bekas atau  bertukar pakaian dengan temanmu

 

Satu kilogram kain menyumbang 23 kilogram gas rumah kaca. Nah, bisa kamu bayangkan kan berapa banyak gas rumah kaca yang dihasilkan jika kamu rajin beli baju dan baru satu tahun sudah nggak dipakai lagi?

2. Usaha melestarikan lingkungan juga bisa kita lakukan dengan mengurangi konsumsi daging sapi

 

Agar menghasilkan daging sapi yang baik dibutuhkan berton-ton gandum/pakan ternak dan ratusan liter air. Hal ini tentunya membuat sumber daya terkuras. Makanya, kamu disarankan untuk makan daging maksimal satu minggu sekali, atau lebih bagus lagi jadi vegetarian.

3. Hal termudah yang bisa dilakukan ialah dengan mencabut aliran listrik yang nggak terpakai

 

Meski sudah nggak dicolokkan ke alat elektronik, kabel yang tertancap tetap akan memakan banyak energi listrik. Cobalah cabut kabel setiap kali sudah nggak digunakan lagi. Selain berguna untuk menjaga lingkungan, juga bisa menghemat tagihan listrikmu.

4. Biasakan untuk mengurangi tingkat kecerahan ponsel atau televisi di rumahmu

 

Dengan hanya menurunkan kecerahan layar dari 100 persen menjadi 70 persen, kamu sudah menghemat energi hingga 20 persen lo! Sederhana namun bermakna, ya!

5. Alih-alih menggunakan korek gas, bagaimana jika kamu pakai korek kayu?

 

Sebagian besar korek gas akan berakhir di tempat pembuangan jika gasnya habis. Mengingat bahwa mereka terbuat dari plastik dan diisi dengan butana, maka akan sangat berbahaya untuk lingkungan. Agar lebih ramah lingkungan, pilih korek api dari batang kayu saja.

6. Baiknya gunakan sikat gigi bambu agar mudah terurai ketika sudah nggak dipakai

 

Sampah plastik dari sikat gigi ini sulit terurai. Padahal hampir empat miliran sikat gigi plastik berakhir di tempat sampah setiap tahunnya.

7. Bila memungkinkan, cobalah gunakan popok kain untuk bayimu agar lebih ramah lingkungan

 

Selain turut membantu kelestarian lingkungan, popok kain juga lebih aman bagi kulit bayi. Namun, jika bayimu nggak mau pakai popok kain, cobalah beralih ke merek popok yang lebih ramah lingkungan.

8. Para peneliti mengemukan bahwa mengunduh musik dari layanan streaming untuk mendengarkan offline juga bisa bantu mengurangi penggunaan energi

 

Meski terkesan nggak mungkin, namun energi yang diperlukan untuk streaming musik digital bisa menyebabkan emisi gas rumah kaca naik. Makanya, kamu lebih disarankan untuk mengunduh daripada harus streaming setiap saat.

Bagaimana, mudah bukan cara-caranya? Sekarang nggak ada alasan lagi untuk nggak peduli lingkungan, ya!

Sumber : https://www.hipwee.com/tips/upaya-pelestarian-lingkungan/

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image